Kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu Menyambut Bulan Muharram 1445 H

Gombong. Jum’at, 28 Juli 2023. Bulan ini, umat Muslim di seluruh penjuru dunia memasuki bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriah. Dalam rangka menyambut bulan yang penuh berkah ini, sebuah kegiatan santunan anak yatim piatu telah diadakan dengan penuh kehangatan dan kasih sayang. Kegiatan yang diinisiasi oleh kesiswaan Sumbowo Edi melalui sie Keagamaan Itmamul Wafa ini bertujuan untuk memberikan bantuan berupa sembako dan kebutuhan pokok kepada anak yatim piatu agar mereka dapat merayakan bulan Muharram dengan penuh suka cita.

Acara santunan ini menyasar dua kelompok siswa/siswi, yaitu siswa/siswi kelas 7 sejumlah 13 orang dan siswa/siswi kelas 8 dan 9 sejumlah 32 orang. Semua siswa/siswi yang menjadi target santunan dipilih berdasarkan kerjasama dengan pihak sekolah dan lembaga kesejahteraan sosial setempat untuk memastikan bahwa bantuan tepat sasaran.

Kotak santunan yang berisi berbagai kebutuhan pokok telah disiapkan dengan baik. Setiap kotak santunan berisi beras, minyak, mie telur, gulaku, susu Indomilk, telur, dan teh. Semua bahan makanan dan minuman tersebut dipilih secara cermat agar anak-anak yatim piatu dapat merasakan kenikmatan makanan yang bergizi dan berguna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Acara santunan ini dikoordinasi dengan baik oleh sie Keagamaan Itmamul Wafa dan telah mendapatkan sambutan positif dari kamad sekolah. Kehadiran bulan Muharram ini mengandung berbagai amalan sunah, dan salah satunya adalah puasa sunah Tasyu’a dan Tasyura. Selain itu, kegiatan mengusap kepala anak yatim juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, dan melalui santunan ini, anak-anak yatim piatu merasa dihargai dan dicintai oleh masyarakat sekitar.

Ketua kesiswaan, Sumbowo Edi, menyampaikan bahwa kegiatan santunan anak yatim piatu ini adalah bentuk nyata kepedulian dan empati dari seluruh warga sekolah terhadap sesama, khususnya kepada mereka yang membutuhkan. Beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi seluruh masyarakat dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada anak yatim piatu.

Bulan Muharram, selain menjadi bulan yang penuh makna bagi umat Muslim, juga menjadi momen yang tepat untuk lebih peduli terhadap sesama, terutama mereka yang kurang beruntung. Semoga kegiatan santunan anak yatim piatu ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk lebih sering berbuat kebaikan dan membantu sesama dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikan yang telah dilakukan dan memberikan keberkahan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Aamiin.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Komentar

Artikel Lainnya

Penelitian dan Evaluasi Tunjanga...
Kebumen, 28 Februari 2024 - Sebanyak 64 kepala madrasah dan op...
Pagelaran Siswa Kelas 9 MTsN 8 K...
Kebumen, 24 Februari 2024 - Dalam rangka meningkatkan kreativi...
MTsN 8 Kebumen Gelar Kegiatan Be...
Kebumen, 23 Februari 2024, MTsN 8 Kebumen kembali menunjukkan ...
MTsN 8 Kebumen Raih Penghargaan ...
Kebumen, 20 Februari 2024 - Prestasi gemilang kembali diraih o...
Asesmen Bakat Minat (ABM) Membaw...
Kebumen, 19 Februari 2024. Asesmen Bakat dan Minat (ABM) di MT...
PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DI...
Kebumen, 7 Februari 2024 - Masyarakat madrasah dari berbagai k...

Hubungi kami di : 0287473465

Kirim email ke kamimtsngombong@kemenag.go.id