LIFE SKILL DI MTsN 8 KEBUMEN MENCIPTAKAN EMBRIO ENTREPRENEUR MASA DEPAN

Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di Indoensia. Lembaga pendidikan yang berada naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Ada tingkat dasar RA dan MI atau setara dengan TK dan SD di lingkungan Sekolah. Sedangkan untuk tingkat menengah ada MTs dan MA yang sederajat dengan SMP dan SMA.

MTs Negeri 8 Kebumen merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Dalam upaya mengaplikasikan slogan MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI, MTs Negeri 8 Kebumen mengadakan sebuah kegiatan yang bernama Life Skill. Program ini sudah dimasukan dalam program kerja tahunan oleh bidang kesiswaan, Bapak Ahmad Safingudin, S.Pd M.Pd. Setiap tahun, kelas 9 yang berminat untuk mempersiapkan diri menjadi entrepreneur masa depan dapat mengikuti kegiatan ini.

Pada saat sekarang ini, tepatnya tanggal 26 November 2021. Bapak kepala Madrasah Muhiban, S.Ag M.Pd I membuka acara kegiatan LIFE SKILL tahun ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa di masa yang akan datang kita harus bisa menjadi pemain bukan hanya menjadi pengguna atau pemakai saja. Untuk itu, kita harus sedini mungkin mempersiapkan diri kita dengan skill atau keterampilan yang bisa membantu dalam mengarungi kehidupan. Keterampilan sekecil apapun harus kita punyai dan harus kita maksimalkan untuk menjadi entrepreneur sukses.

Kegiatn life skill pada tahun ini ada 2 tema kegiatan. yang pertama adalah Tata Boga, memberikan pelatihan keterampilan bagaimana membuat jajanan tradisional yang banyak dipasarkan di masyarakat. Jajanan teresbut adalah KLEPON, DADAR GULUNG DAN ES KUWUD. Untuk peserta yang mengikuti tata boga ada 60 siswa yang terbagi dalam 10 kelompok. Teknis pelaksanaan life skill tata boga, siswa hanya mempersiapkan alat – alat yang diperlukan sedangkan semua bahan baku, kompor gas disediakan oleh madrasah. Pelatih kegiatan Tata Boga adalah Ibu Hj. Asmara Wijaya, S.Pd dan Ibu Drs. Hj. Sufiyanah. Beliau merupakan guru MAN 4 Kebumen.

Kegiatan LIfe Skill yang ke dua adalah Tehnik Las, memberikan keterampilan kepada peserta dalam menyambung atau membuat alat perkakas dari bahan besi. Jumlah peserta dari kegiatan tehnik las ada 11 anak. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai tanggal 27 November 2021. Pada hari pertama pertemuan, pelatih dari SMK Ma`Arif Dua Kebumen memberikan teori tentang tehnik las. Kemudian pada tanggal 13 dan 14 Desember 2021 akan mempraktekan semua teori yang diberikan. Life Skill tehnik las, nantinya diharapakan dapat menghasilkan karya dari anak – anak MTs Negeri 8 Kebumen. Dikarenakan madrasah ini sedang mempersiapkan diri sebagai madrasah Adiwiyata, maka perlu dipersiapakan tempat sampah yang dapat memisahkan jenis sampah. Untuk itu, sebagai hasil akhir karya dari kegiatan tehnil las akan menghasilkan kerangka untuk tong sampah.

Pesan sahabat :

“Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal.” – Imam Syafi`i

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Komentar

Artikel Lainnya

Upacara Hari Lahir Pancasila di ...
Kebumen, 1 Juni 2024 – MTsN 8 Kebumen menggelar upacara pering...
MTs Negeri 8 Kebumen Gelar Upaca...
Kebumen - Salah satu tanggal penting dalam kalender pendidikan...
Siswa Kelas 8 MTsN 8 Kebumen Ber...
Kebumen, 2 April 2024 - Para siswa kelas 8 MTsN 8 Kebumen menu...
Pembukaan Amaliyah Bina Iman dan...
Pada tanggal 2 hingga 3 April 2024, MTsN 8 Kebumen menggelar a...
Pentasarufan BAKSOS: Amalan Sisw...
Kebumen, 28 Maret 2024 - Mushola MTsN 8 Kebumen menjadi saksi ...
Festival Ramadhan Meriah di MTsN...
Kebumen, 23 Maret 2024 - Suasana penuh kegembiraan dan kebersa...

Hubungi kami di : 0287473465

Kirim email ke kamimtsngombong@kemenag.go.id