PEMBUDIDAYAAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) OLEH PRAMUKA DAN KADER ADIWIYATA DI MTsN 8 KEBUMEN

Kebumen – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 8 Kebumen melaksanakan kegiatan budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Jum`at (16/9). Kegiatan yang dilaksanakan di pojok TOGA Madrasah ini merupakan wujud realisasi program MTs Negeri 8 Kebumen sebagai Madrasah Adiwiyata. Pojok Toga madrasah merupakan kebun tanaman obat keluarga yang memanfaatkan lahan kosong madrasah. Program yang diinisiasi oleh Ekstrakurikuler Pramuka dan Kader Adiwiyata ini diikuti seluruh peserta didik kelas 7 dan 8 sebagai wujud pembelajaran mengenal nama dan manfaat tanaman TOGA.
Kakak Muarif, Pembina Pramuka MTsN 8 Kebumen sedang membing adik – adik dalam menanam tanaman obat keluarga

Kepala MTs Negeri 8 Kebumen Muhiban, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pembina Pramuka yang telah berkolaborasi dengan Kader Adiwiyata untuk mengumpulkan dan menanam TOGA.

“Alhamdulillah sejak mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2021 kami terus bergerak mengembangkan program adiwiyata.” terangnya.

Menurut Muhiban penghargaan itu bukanlah akhir ataupun tujuan yang ingin dicapai, justru penghargaan itu merupakan langkah awal dan pelecut upaya penumbuhan budaya cinta lingkungan semua warga madrasah.

“Madrasah harus terus menumbuhkan karakter kepedulian lingkungan melalui pelaksanaan program-program madrasah”, pungkasnya.

Muarif Mahmud Suhada selaku Pembina Pramuka menyampaikan, kegiatan ini penting dilakukan agar peserta didik mengetahui dan dapat memanfaatkan tanaman-tanaman obat yang ada disekitar kita. TOGA dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia.

Lebih lanjut Mu`arif Mahmud Suhada menjelaskan kegiatan ini diproyeksikan untuk mengenalkan jenis-jenis tanaman obat, bagaimana cara pengolahannya serta khasiat yang dikandung tanaman obat itu sendiri. “TOGA sangat bermanfaat untuk kesehatan misalnya tanaman jahe bisa menyembuhkan masalah terkait pencernaan, kunyit bisa menyembuhkan penyakit gula darah, kencur  bisa menyembuhkan batuk, temulawak bisa mengatasi ostheoarthritis dan sebagainya”, papar Mu`arif.

Selain sebagai wujud realisai program Madrasah Adiwiyata kegiatan penanaman  TOGA yang diikuti dengan penempelan papan nama disertai manfaat dan jenis pupuk untuk kesuburan tanaman tersebut juga dapat berguna sebagai laboratorium alam mata pelajaran IPA. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat lebih mencintai lingkungan dan menjadikan TOGA sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari. (diw)

Adik – adik pramuka didampingi oleh kakak dewan kerja memasukan media tanam ke dalam galon bekas.

Baggikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
    Fulan
    17 September 2022

    Di sekolah amat baik bila dijadikan ajang mencoba yang ideal, syukur bisa dipraktekkan di rumah atau lingkungan..... dan yang sulit adalah konsistennya. Selamat terus memilah dan membuat pupuk kompos terus agar siswa terbiasa hidup alami

    BAETY Zulaikha
    18 September 2022

    Bangga menjadi bagian dari Mts Negeri 8 Kebumen, yang terus maju dengan program" nya...Semangat Mts negeri 8 Kebumen...semoga apa yg di tanamkan kepada murid" dapat di apresiasi kan di kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Artikel Lainnya

Songsong Tahun Ajaran 2024/2025,...
Gombong - Dalam upaya meningkatkan kualitas guru, MTs Negeri 8...
Awali tahun ajaran baru, MTs N 8...
Gombong - Mengawali tahun ajaran 2024/2025, Madrasah Tsanawiya...
Upacara Hari Lahir Pancasila di ...
Kebumen, 1 Juni 2024 – MTsN 8 Kebumen menggelar upacara pering...
MTs Negeri 8 Kebumen Gelar Upaca...
Kebumen - Salah satu tanggal penting dalam kalender pendidikan...
Siswa Kelas 8 MTsN 8 Kebumen Ber...
Kebumen, 2 April 2024 - Para siswa kelas 8 MTsN 8 Kebumen menu...
Pembukaan Amaliyah Bina Iman dan...
Pada tanggal 2 hingga 3 April 2024, MTsN 8 Kebumen menggelar a...

Hubungi kami di : 0287473465

Kirim email ke kamimtsngombong@kemenag.go.id