Perjusa MTs N 8 Kebumen Bentuk Karakter Leadership Peserta Didik

Kebumen – Pramuka adalah salah satu ekstrakurikuler yang menjadi penyeimbang kegiatan intrakurikuler. Kegiatan Pramuka dapat membentuk karakter generasi muda yang tangguh, terampil, cerdas dan disiplin. Berakhirnya kegiatan Masa Ta`aruf Siswa Madrasah (Matsama) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 8 Kebumen menggelar kegiatan Perkemahan Pramuka Jumat Sabtu  (Perjusa).

Perkemahan yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2022 diikuti seluruh peserta didik kelas 7 sejumlah 256 dan 21 Dewan Kerja dari kelas 8-9. Kegiatan perkemahan yang rutin diselenggarakan setiap tahun dalam rangka penerimaan tamu penggalang di halaman madrasah, didampingi oleh panitia sekaligus pengarah peserta yang terdiri dari Guru dan Karyawan.

Muhiban selaku kepala madrasah dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan Perjusa bisa menjadi wahana pembentukan karakter peserta didik MTsN 8 Kebumen, karena dalam kegiatan tersebut, peserta didik tidak hanya menerima materi atau isi pelajaran keperamukaan melainkan juga memiliki kesempatan belajar menumbuhkan sikap-sikap dan perbuatan yang baik untuk membentuk karakter dan kekuatan jasmani.

“Dalam Perjusa ada pelatihan kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian yang di rangkum dalam tiap -tiap kegiatan yang peserta didik lakukan baik berupa latihan maupun games, tidak luput juga untuk mengembangkan aspek spiritual, emosional dan rohani mereka” terangnya.

“Kegiatan Perjusa ini diharapkan akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku), sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif, dan mampu mengimbangi kurikulum formal yang lebih berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (ketrampilan)”, tandasnya.

Pembina pramuka MTs Negeri 8 Kebumen Mu`arif Mahmud Suhada saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan mengatakan, Perjusa adalah wadah pembinaan peserta didik yang dikemas secara menarik, menantang dan juga menghibur. Kegiatan ini bisa memaksimalkan potensi yang  dimiliki peserta didik untuk membentuk karakter leadership dan mandiri.

“Kegiatan Perjusa diwajibkan bagi peserta didik baru MTs Negeri 8 Kebumen, dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat saling mengakrabkan satu sama lain dan menumbuhkan sikap kepemimpinan dan kemandirian”, ungkap Mu`arif. (diw)

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
    Baety Zulaikha
    23 July 2022

    Semangat buat MTs Negeri 8 Gombong, Saya sebagai Wali Murid Kelas 7,sangat mendukung sekali kegiatan tersebut, anak menjadi lebih bersosialisasi, saling membantu dan bekerjasama satu sama lain.

    0
    0
      Joni Setiyawan
      1 August 2022

      Terima kasih atas suport nya

      0
      0

Komentar

Artikel Lainnya

Penelitian dan Evaluasi Tunjanga...
Kebumen, 28 Februari 2024 - Sebanyak 64 kepala madrasah dan op...
Pagelaran Siswa Kelas 9 MTsN 8 K...
Kebumen, 24 Februari 2024 - Dalam rangka meningkatkan kreativi...
MTsN 8 Kebumen Gelar Kegiatan Be...
Kebumen, 23 Februari 2024, MTsN 8 Kebumen kembali menunjukkan ...
MTsN 8 Kebumen Raih Penghargaan ...
Kebumen, 20 Februari 2024 - Prestasi gemilang kembali diraih o...
Asesmen Bakat Minat (ABM) Membaw...
Kebumen, 19 Februari 2024. Asesmen Bakat dan Minat (ABM) di MT...
PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DI...
Kebumen, 7 Februari 2024 - Masyarakat madrasah dari berbagai k...

Hubungi kami di : 0287473465

Kirim email ke kamimtsngombong@kemenag.go.id